Objek Wisata Darajat, Mualai Dari Kawah Hingga Pemandian Air Panas

- February 27, 2018
Ingin liburan dan berlibur bersama keluarga tapi belum ada tujuan pasti mau kemana, Nah tempat yang satu ini boleh juga untuk dicoba, Kawah Darajat karena selain murah meriah juga aman dan nyaman untuk sobat dan keluarga.


Selain terkenal dengan wisata air panas di Cipanas, Garut juga memiliki wisata air panas lainnya yang juga tidak kalah menarik dengan Cipanas yaitu Kawah Darajat. Kawah Darajat merupakan salah satu tempat wisata berupa taman bermain, kolam dan pemandian air panas yang paling banyak di kunjungi setelah Cipanas.
Terletak di Jl. Raya Darajat Km. 14, Kampung Bedeng, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasir Wangi, Garut, Darajat Pass atau Puncak Darajat merupakan salah satu lokasi wisata air panas asli pegunungan yang berada di lereng Gunung Kendeng Kabupaten Garut. Kawah Darajat hampir mirip dengan kawasan wisata di Cipanas, hanya saja Kawah Darajat berada di daerah perkebunan dan pegunungan dan berada diketinggian lebih dari 1500 mdpl. Hal inilah yang menjadi nilai tambah dan daya tarik dari Kawah Darajat ini. Selain itu sepanjang perjalanan menuju Kawah Darajat pengunjung disuguhi pemandangan perkampungan dan perkebunan warga yang terhampar luas. Jalan aspal hitam yang berkelok serta udara yang sejuk akan menemani perjalanan sobat ke menuju Kawah Darajat.

Untuk menuju Kawah, sobat yang dari luar Garut bisa langsung menuju Alun-Alun Tarogong Kaler ambil jalur kiri dan tidak jauh dari Alun-Alun ada rambu rambu petunjuk jalan untuk ke Kawah Darajat atau ke Kawah Kamojang belok kiri dan ikuti jalan tersebut, kalau naik angkutan umum naik angkot warna puti hijau jurusan Samarang. Setelah melewati pasar Samarang, setelah tiba di daerah Panunjuk sobat tinggal langsung belok kiri dan terus ikuti jalan tersebut. Untuk angkutan umumnnya jangan maik angkot lagi tapi naik ojeg Rp. 15.000 karena angkot tidak samapai ke Kawah.

Di Kawah Darajat terdapat beberapa tempat wisata yang bisa sobat kunjungi seperti Darajat Pas dan Puncak Darajat yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi. Di kedua tempat tersebut tersedia banyak wahana bermain seperti kolam renang air panas untuk dewasa dan anak-anak, watterboom, ember tumpah juga lahan parkir yang cukup luas.
Untuk sobat yang suka dengan permainan yang bisa mengasah keberanian anda, anda bisa mencoaba flaying fox yang merupakan flaying fox terpanjang di Garut. selain itu ada juga permainan shaking bridge, tempat outbound yang luas membuat anda nyaman berwisata di Kawah Darajat. Untuk pengunjung yang datang dari jauh, di Kawah Darajat juga tersedia bungalau dan hotel yang tentunya menyajikan pesona keindahan panorama alam puncak darajat

Tiket masuk ke Puncak Darajat cukup murah cuma Rp. 15.000 untuk orang dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak-anak. Murahkan? Dengan uang segitu sobat sudah bisa berenang di kolam air panas dan menikmati wahana-wahana yang sudah disediakan. Selain itu sobat juga bisa menikmati pemandangan alam dan sejuknya udara di kawasan Kawah Darajat. Kawah Darajat sangat cocok untuk liburan keluarga. Meski udaranya cukup dingin tapi terhangatkan dengan hangatnya air panas, suasana kebersamaan bersama orang-orang tercinta juga semakin hangat dengan menikmati hangatnya jagung rebus dan jagung bakar. Untuk makanan lebih baik membawa bekal dari rumah karena untuk rumah makan haya terdapat beberapa saja itu pun berada di luar.

Musim liburan seperti ini saya juga tidak mau ketinggalan untuk menikmati suasana di Kawah Darajat bersama ibu dan kedua adik saya. Setelah menemuh satu jam perjalanan akhirnya saya sampai juga. Kedua adik saya langsung loncat kegirangan. Setelah membayar tikiet kedua daik saya langsung ganti baju dan terjun bebas dari watterboom sampai-sampai lupa tidak melepas jam tangannya, Meski di guyur hujan dan kabut tebal para pengunjung semakin banyak yang berdatangan. Kawah Darajat menjadi sangat ramai pengunjung di hari libur seperti ini. Kondisi jalan yang kurang lebar dan banyaknya kendaraan membuat macet di beberapa belokan jalan. Untuk menghindari hal ini saya sarankan buat  berkunjung pada pagi hari.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search