Manfaat Daun Mengkudu untuk Lovebird Dan Kenari

- August 01, 2018
Manfaat mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan sudah bukan rahasia lagi, Selain itu daun mengkudu juga bermanfaat untuk burung loh. Manfaat daun mengkudu untuk lovebird dan kenari banyak digunakan oleh para pecinta burung yang berkeinginan untuk memiliki peliharaan yang sehat dan berkicau merdu, pasalnya daun mengkudu memang telah diteliti mempunyai nilai gizi yang mampu untuk melancarkan kicauan unggas.

Manfaat daun mengkudu untuk Lovebird
Daun mengkudu sangat berkhasiat untuk melancarkan suara dan membuat kicauan burung semakin merdu, manfaat mengkudu untuk manusia tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak peneliti yang membuktikannya. Lantas bagaimana dengan unggas?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli nutrisi dan teknologi pakan, kandungan nutrisi yang ada di dalam daun mengkudu sangat baik untuk burung lovebird, kenari dan berbagai jenis unggas lainnya.

Daun mengkudu biasanya digunakan oleh para pemelihara unggas, terutama burung lovebird untuk mengobati serak pada burung, mengatasi infeksi tenggorokan, dan membuat burung lebih senang berkicau. Karena seperti yang diketahui, hal yang paling ditunggu-tunggu masyarakat dengan burung peliharaannya adalah suara kicauannya yang merdu dan menenangkan hati.

Tak hanya memperindah suara burung, daun mengkudu juga memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah melancarkan pencernaan burung. Selain itu, daun mengkudu juga berkhasiat untuk menjaga stamina burung, mengatasi masalah kegemukan, dan memberikan rasa tenang serta nyaman pada burung.

Bahkan, daun mengkudu juga mengandung zat antialergi yang sangat bermanfaat untuk burung yang mengalami alergi. Alergi ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti polusi udara, asupan makan, minuman, dan lain sebagainya.

Dalam inovasi ilmu pengetahuan terbaru, peneliti juga mengungkapkan bahwa daun mengkudu ber khasiat untuk meningkatkan produktivitas telur pada unggas atau burung yang berada dalam kandang penangkaran. Menariknya, daun ini tidak memiliki efek samping sehingga sangat aman dikonsumsi kapan saja oleh burung lovebird.

Manfaat daun mengkudu untuk lovebird dan kenari memang sudah banyak dibuktikan oleh para ahli dan masyarakat sendiri. Tak heran jika banyak orang terutama pada pecinta burung kicau mencari daun mengkudu untuk peliharaannya.

Saking berkhasiatnya, daun mengkudu kini diolah menjadi pakan unggas yang sangat baik untuk menjaga kesehatan burung. Burung-burung lovebird muda yang diberi pakan daun mengkudu bisa mempercepat umur dewasa burung, sehingga membuatnya lebih matang untuk menghasilkan suara yang memukau.

Jika kamu berniat menggunakan daun mengkudu sebagai pakan burung, pilihlah daun bagian pucuk yang masih muda dan gantung di atas sangkar agar mudah dikonsumsi burung. Setelah mengetahui manfaat daun mengkudu untuk burung lovebird, lalu apa kegunaan daun mengkudu untuk burung kenari?

Manfaat daun mengkudu untuk Kenari
Manfaat daun mengkudu untuk burung kenari tentu saja sudah sangat jelas yaitu membuat suara kicauan burung lebih lantang dan lancar, pasalnya suara serak burung pastinya akan membuat penampilannya menjadi tidak bagus. Saat dilombakan, suara burung yang tidak bagus tentunya akan mengurangi penilaian.

Daun mengkudu merupakan jenis daun yang sangat dianjurkan untuk burung kenari agar suaranya semakin berkualitas, dengan pemberian daun mengkudu ini, suara burung kenari akan lebih lantang dan bening. Kemampuan daun mengkudu tidak berhenti disitu, karena air rebusannya dapat berfungsi untuk mengatasi serak pada burung.

Beberapa manfaat daun mengkudu untuk burung kenari diantaranya adalah membantu melancarkan pencernaan, membuat kenari menjadi genjahgacor, mematangkan kelamin kenari, melantangkan suara kenari, meningkatkan kesuburan indukan, mengobati suara yang serak, meredakan sakit tenggorokan dan lain sebagainya.

Demikian tadi merupakan manfaat daun mengkudu untuk lovebird dan kenari sebagai obat. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk kamu yang ingin memiliki peliharaan burung yang sehat dan bersuara bagus.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search