Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah Harga Kelinci Anggora Terbaru

Kelinci anggora merupakan salah satu varietas kelinci yang ditandai dengan bulunya yang lebat dan tebal. Dimana jenis kelinci ini merupakan hewan peliharaan yang paling tua yang berasal dari Ankara, Turki. Selain kucing anggora, Turki sendiri memang sebagai tempat asal kambing anggora.

Pertama kalinya, kelinci anggora ditemukan oleh pelaut yang berlayar dari Inggris ke Perancis, yakni pada tahun 1723 silam. Kemudian pada tahun 1777, kelinci jenis anggora ini akhirnya mulai menyebar ke seluruh wilayah Jerman. Hingga pada tahun 1920, hewan peliharaan ini telah menyebar ke berbagai negara di Eropa Timur, Kanada, Jepang dan Amerika Serikat.

Keberadaan kelinci anggora ini terus menyebar ke seluruh penjuru dunia, hingga saat ini Perancis menjadi pusat peternakan kelinci anggora terbesar di dunia sebagai penghasil wool. Bisnis dari wool kelinci sendiri memang sudah berkembang di berbagai negara dengan iklam yang dingin.

Dimana pancabutan bulu dari kelinci anggora ini dipanen tiap 4 hingga 5 bulan sekali. Namun hal ini masih menjadi suatu kontroversi karena proses pencabutan bulu menjadi salah satu hal yang dianggap menyakiti satwa. Terlebih lagi, di Indonesia kelinci anggora banyak dipelihara sebagai hewan kesayangan.

Berbeda dengan kelinci pada umumnya, pada umumnya ciri ciri kelinci anggora juga terbilang sangat khas. Dimana ia memiliki warna bulu yang mulai bervariasi, mulai dari warna hitam, putih, abu-abu atau bahkan campuran dengan perpaduan warna yang cukup menarik.

Namun, yang lebih menjadi ciri khas dari kucing anggora tersebut ialah bulunya yang cukup tebal, panjang dan lembut yang membalut seluruh tubuhnya. Oleh karena itu, tak heran jika jenis kelinci ini juga sering kali dikenal sebagai kelinci berbulu panjang.

Tak hanya itu, kucing anggora yang ditandai di ujung telinga yang dipenuhi dengan bulu-bulu halus yang cukup panjang dan sangat lembut. Wajahnya juga sering kali dipenuhi dengan berbagai rambut halus yang membuat kelinci ini menjadi lebih imut. Hal inilah yang menjadi suatu ciri khas yang membuat kelinci anggora sangat berbeda dengan kelinci biasa pada umumnya.

Tumbuh kembang dari sebuah kelinci anggora ini terbilang cukup pesat jika dibandingkan jenis kelinci lainnya. Kelinci anggora dewasa memiliki bobot yang hampir sama, yakni 4 kg, baik kelinci anggora jantan maupun betina. Tak hanya itu, pertumbuhan bulunya juga cenderung sangat pesat, yakni sekitar 2,5 bulan tiap bulannya. Jika berbicara terkait masa produksinya, sepasang induk kelinci anggora dapat melakukan reproduksi sekitar 4 hingga 6 kali dalam setahun.

Namun hal ini akan berlangsung stabil jika ternak dari hewan peliharaan ini harus senantiasa intensif, contohnya hanya diisi satu indukan pada satu kandang. Dengan demikian, peternak tentunya akan lebih bebas untuk mengawinkan indukan kelinci dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dengan masa kehamilan hanya sekitar 1 bulan, jumlah anak atau bayi kelinci dalam satu kelahiran terbilang cukup banyak, yakni antara 6 hingga 12 ekor.

Dalam perawatannya, makanan kelinci terbagi menjadi tiga jenis, yakni air minum, makanan alami dan makanan pabrikan. Adapun makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk kelinci anggora ialah sebagai berikut :

Harga kelinci anggora sendiri memang cenderung cukup beragam. Kucing anggora biasa yang merupakan campuran lokal dengan usia produktif, dibanderol sekitar Rp 500.000 hingga Rp 600.000 sepasangnya. Sedangkan untuk kucing anggora biasa anakan dibanderol sekitar Rp 25.000 hingg Rp 50.000 tiap ekornya. Usia lainnya pun dibanderol dengan harga yang berbeda, yakni sekitar Rp 50.000 hingga Rp 70.000 tiap ekornya untuk kelinci usia 2 bulan, Rp 70.000 hingga Rp 100.000 untuk kelinci berusia 3 bulan dan Rp 120.000 hingga Rp 130.000 untuk kelinci berusia 5 bulan.

Berbeda dengan kelinci anggora lokal, jenis kucing anggora hias dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni Rp 700.000 hingga Rp 800.000 sepasang untuk kelinci anggora hias yang berusia produktif, kemudian Rp 50.000 hingga Rp 55.000 tiap ekor untuk kelinci anakan, Rp 60.000 sekitar Rp 75.000 untuk kelinci berusia 2 bulan dan Rp 75.000 hingga Rp 85.000 untuk kelinci berusia 3 bulan. Untuk kelinci berusia 5 bulan, dibanderol dengan harga antara Rp 100.000 hingga Rp 120.000.

Sedangkan untuk jenis kelinci anggora Inggris harganya cenderung lebih mahal ketimbang jenis lainnya. Anda perlu merogoh kocek antara Rp 500.000 hingga Rp 3.200.000 sepasang untuk kelinci yang berumur produktif, Rp 100.000 hingga Rp 150.000 tiap ekor untuk kelinci anggora Inggris berusia 2 bulan, sekitar Rp 150.000 hingga Rp 300.000 untuk usia 3 bulan dan untuk kelinci berusia 5 bulan dibanderol sekitar Rp 300.000 hingga Rp 3.000.000.

Selain kelinci anggora, kelinci rex juga merupakan jenis kelinci lucu yang banyak dipelihara di rumah. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat kelinci rex memang cenderung memiliki bulu-bulu halus dan pendek yang menyelimuti tubuhnya. Ketika dipegang, bulunya akan sangat terasa sangat halus, dimana ketebalan bulunya sendiri ialah antara 1,3 hingga 2,2 cm.

Post a Comment for "Inilah Harga Kelinci Anggora Terbaru"