Cara Budidaya Pisang Cavendish Tabulampot

- July 11, 2018
Pisang yang akrab dengan nama Pisang Ambon putih ini populer di indonesia sebagai komoditas buah tropis, secara umum pisang ini di budidayakan dengan metode kultur jaringan, sama dengan pisang pada umumnya.

Pohon Pisang Ambon putih atau Cavendish mempunyai tinggi batang kira-kira 2 - 3 m dengan warna hijau gelap.Daunnya berwarna hijau tua. Panjang Tandan bisa mencapai 60 cm- 1 m dengan berat 15 - 30 kg. Setiap tandan berisi 8 - 12 sisir dan setiap sisir ada 12 - 22 buah. Daging buah pisang ini putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buahnya agak tebal berwarna kuning muda halus jika buah sudah matang dan hijau.

KLASIFIKASI
  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida
  • Ordo: Zingiberales
  • Famili: Musaceae
  • Genus: Musa
  • Spesies: Musa spp

Dalam perkembangannya budidaya pisang Cavendish bsa di lakukan dengan metode tabulampot. tapi meski aplikasi terkhir mengguakan metode tabulampot dasar dari pembudidayaannya tetap dari kultur jaringan. Dalam pengembangan pisang Cavendish di indonesia sendiri, metode tabulampot bukan menjadi acuan budidaya secara masal, mngingat pisang adalah sebuah tanaman comodity yang cenderung mengedepankan kuantitas panen. Budidaya tabulampot pada pisang Cavendish hanya untuk tujuan riset dan koleksi.

Berikut adalah cara pembudidayaan pisang Cavendish dengan metode tabulampot untuk anda yang ingin mencoba sensasi menanam pisang dalam pot.

Cara Budidaya
  1. Alat Dan Bahan
  2. Pot.
  3. Media tanam.
  4. Tunas anak Pisang Cavendish.
  5. Air dan gembor.

Tata cara
Pertama siapkan pot yang akan di pakai sebagai tempat untuk menanam pisang, kemudian siapkan tunas anak yang masih berukuran sekitar ibu jari kaki dan tinggi berkisar antara 30-40 cm, tunas pisang yang akn di tanam hendaknya harus masih berbonggol utuh, atau bisa juga memilh dari tempat penangkaran bibit pisang yang biasanya sudah berakar dalam polybag, setelah itu isi pot dengan media tamam ( tanah kompos) hingga mencapai setengah volume pot tersebut, lalu tanam tunas anak kdalam pot an tambahkan media tanam sampai tunas tertanam sempurna, jika tunas berasal dari penangkaran bibit maka lepas terlebih dahulu polybagnya., siram secara bekala minimal 1x shari.

tunggu beberapa hari kemudian maka akan tampak tanda-tanda hidupnya tunas, ban beberapa bulan kemudian akan semakin bertumbuh dan akan menghasilkan buah meskipun menggnakan pot.

SYARAT TUMBUH PISANG CAVENDISH
Tanaman pisang tumbuh di daerah tropis, baik dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian tidak lebih dari 1.600 Mdpl . Suhu untuk pertumbuhan adalah sekitar 27°C, dan suhu maksimumnya 38°C, curah hujan yang optimum untuk pertumbuhan tanaman pisang berkisar antara 2000-2500 mm/tahun atau paling baik 100 mm/bulan. Apabila suatu daerah mempunyai bulan kering berturut-turut melebihi 3 bulan, maka tanaman pisang memerlukan tambahan pengairan agar dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik.
Iklim Yang cocok untuk tanaman pisang
a. Iklim tropis basah, lembab dan panas.
b. Kecepatan angin sedang
c. Curah hujan optimal adalah 1.520 - 3.800 mm/tahun dengan 2 bulan kering.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search