Borondong Astanagirang Makanan Khas Garut Yang Bisa Dibuat Miniatur

- February 02, 2018
Jika kita melihat miniatur yang terbuat dari bahan kayu, besei, resin, tanah liat atau dari bahan lainnya yang biasa digunakan untuk membuat miniatur tentunya sudah biasa. Namun pernakah sobat melihat atau membuat miniatur yang semua bahannya dari Borondong? jika belum pernah melihat apa lagi membuatnya, dibawah ini adalah beberapa contoh miniature yang terbuat dari Borondong.

Borondong Hias Astanagirang, Minatur Mesjid yang Terbuat dari borondong


Jika diperhatikan sekilas terlihat miniatur-miniatur ini terlihat biasa-biasa saja, dan nampak tidak jauh beda dengan miniatur-miniatur yang lainnya. Namun siapa sangka miniatur ini terbuat dari Borondong, dan hampir semuanya bahan utamanya adalah Borondong. Borondong yang digunakan adalah Borondong ketan. Borondong itu sendiri dibuat atau dihasilkan dari hasil penyangrayan (pemanggangan red) biji padi ketan yang belumnya telah mengalami beberapa proses pengeringan dan pengayakan sehingga menghasilkan bentuk yang menyerupai pop korn jagung. Bentuk bentuk kecil yang berwarna putih itulah yang kemudian di buat dan di bentuk menjadi beberapa miniatur seperti miniatur Mesjid, Perahu, Kabah, bahkan sampai Miniatur burung Garuda juga bisa di buat dari Borondong ketan ini.

Borondong Hias Astanagirang, Minature Perahu yang terbuat dari Borondong
Adalah Kampung Astanagirang yang menjadi tempat pembuatan dari miniatur-miniatur tersebut. di Astanagirang hanya ada beberapa orang saja yang dapat membuat miniatur-minature dari borndong dengan bentuk-bentuk yang telah disebutkan tadi. Selain minatur-minature diatas di Kampung Astanagirang juga ada beberapa yang memebuat makanan tradisioanal dari borondong seperti Wajit Borondong atau JITNONG, Borondong Tetel Mangkok atau BOTEKOK, dan Ladu yang dibuat dari Borondong yang ditumbuk. Selain itu ada juga borondong hias lainnya dan rasa dari semua olahan Borondong ini manis sama seperti halnya Borondong Majalaya.
Borondong Hias Astanagirang, bentuk kue tar


Keahlian membuat makana tradisional dari Borondong yang dimiliki setiap pengrajin ini diperoleh secara turun temurun dari para orang tuanya terdahulu dan sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalau. Belum banyak orang yang tahu tentang ini. Makanan tradisional yang dibuat beberapa varian termasuk miniatur-miniatur in hanya terknal dari mulut kemulut pembeli saja.
Borondong Astanagirang, JITNONG, Wajit Borondong

Miniatur-miniatur ini banyak dibuat dan dipesan untuk acara-acara tertentu seperti acara pernikahan. ulang tahun dan khitanan. Namun ada juga orang yang memsannya sebagi buah tangan.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search