Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Wisata Gunung Papandayan

Gunung papandayan, mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengiat dan pecinta lam bebas khusunya yang berada di Garut. Gunung yang berada diselatan kabupaten garut tepatnya dikecamatan Cisurupan yang ketinggiannya mencapai 2665 m diatas permukaan laut (dpl) ini termasuk gunung api aktif.

Muka gunung mengarah ke timurt laut mulai dari kawah mas hinggs kampung Cibalong dan Cibodas sebagai hasil pembentukan endapan guguran puing aliran larva mengarah ke Cibeureungede dan Ciparungpuk yang menjadi aliran menuju sungai Cimanuk.

Papandayan sangat diminati bagi para pecinta dan penggiat alam terbuka kerena lokasi dan jalan menuju kesana  mudah dijangkau. Jalan menuju gunung Papandayan lumayan cukup berliku. Mulai dari sambutan jalan raya Bayongbong yang berkelok-kelok samapai ke jalan raya Cisurupan. Jalur menuju gunung Papandayan dimulai dari Cisurupan dengan jalan aspal yang berlubang sejauh 9 Km dari Cisurupan sampai ke areal Papandayan. Dari Cisurupan ke areal Papandayan  ditempuh dengan mengunakan kendaraan denga waktu tempu kurang lebih 60 menit.

Untuk menuju Danau Kawah Baru bisa melanjutkan perjalanan dari tempat parkir kendaraan melalui jalur pendakian dengan berjalan kaki menyebrangi sungai Ciparungpuk dengan trek jalur pendakian berupa bebatuan hasil material vulkanik dengan waktu tempuh dua jam. Disela-sela perjalanan menuju Danau Kawah Baru kita akan menjumpai kepulan-kepulan asap dibeberapa titik dan sengatan bau belerang yang membuat pendakian terasa berat karena sesak menghirup bau belerang.

Di gunung Papandayan terdapat sebuah tempat yang diberi nama pondok salada, Pondak salada adalah tempat datar yang cukup luas yang disekitarnya ditumbuhi banyak pohon Cantigi dan  bunga edelwais. Disebelah barat pondok salada ditumbuhi banyak tanaman ilalang, dan apabila dari kejauhan terlihat seperti padang savana. Untuk mengetahui mengenai info pendakian Gunung yang ada di Garut anda bisa mengunkungi blog berikut http://infopaguci.blogspot.co.id

5 comments for "Wisata Gunung Papandayan"

  1. saya belum pernah melakukan pendakian gunung papandayan apakah harus mennggunakan guide

    ReplyDelete
  2. jika tidak terlalu dibutuhkan tidak perlu, bisa barengan sam pendaki lain

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. nice info kak, terimakasih semoga bermanfaat banget ini

    ReplyDelete