Sejarah Singkat Tentang Chocodot

- December 08, 2014
Garut Pisan - Dodol merupakan salah satu oleh-oleh makanan khas dari Garut. Dodol merupakan buah tangan yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Garut. Akibat makanan yang manis legit ini Garut mendapat julukan kota dodol. Kini Dodol yang bermetamorfosis menjadi Chocodot ini terkenal hingga ke berbagai negara seperti Eropa.
Varian Chocodot berbagai warna dan rasa


Berkat tangan kreatif seorang pengusaha muda bernama Kiki Gumelar dodol yang tadinya biasa-biasa saja di sulap menjadi makanan yang lebih menarik dan mewah serta memiliki citarasa tinggi. Kiki Gumelar mengabungkan antara cokelat dan dodol dan mengemasnya semenarik mungkin hinga terciptanya Chocodot. Chocodot kini menjadi salah satu makanan khas dari Garut dan merupakan oleh-oleh yang paling banyak dibeli oleh pengunjung terutama anak muda.

Kemunculan Chocodot sukses membuat para penikmat kuliner penasaran dengan balutan cokelat isi dodol ini. Tidah butuh waktu lama kehadiran Chocodot langsung diminti masyarakat. Sejarah singkat tentang Chocodot ini bermula pada saat  Tama Coelat melakukan ekspansi ke Garut dengan tujuan pulang kampung dengan harapan besar memajukan kampung halaman yaitu Garut.Dengan sedikit perjuangan dan usaha keras dengan berbagai ekperimen. Akhirnya Kiki gumelar mendapatkan ide tentang penggabungan makanan khas tradisonal Dodol Garut dengan cita rasa Internasional lahirlah Chocodot. Cokelat isi dodol pada bulan Juli 2009 yang di launching pada 9 Agustus 2009 dan diresmikan oleh wakil bupati Garut Diky Chandra.

Produk Chodot buatan Kiki Gumelar ini juga mendapatkan banyak penghargaan. Berikut ini beberapa penghargaannya:
  • GARUT AWARD 2010 Kategori Inovasi Buah Tangan Kota Garut
  • Terbaik II Pemuda Pelopor Pencipta Lapangan Kerja - Perdesaan EXPO Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat
  • Terbaik II Stand Halal EXPO Jawa Barat
  • Juara I dan II Lomba Buah Tangan Bahan Lokal Sleman Jogjakarta
  • Pangan Award Nasional 2010 kategori Inovasi Produk dan Bahan Baku
  • Wirausaha Muda Kreatif 2010 dari Menpora dan BPPT
Kiki  Gumelar juga sering mendapat undangan ke berbagai daerah di Innonesia bahkan sampai di undang di beberapa negara. Berbagai penghargaan telah ia dapatkan. Bahkan di Italia, Chocodot menjadi juara pada ajang acara “Niche Tutto Food 2011”.
Advertisement

1 komentar:

avatar

`````````````````````````Ayo dengan modal kecil bisa menang banyak lo gays?
Dengan modal Rp20.000,
Anda bisa menang "Puluhan Juta" !!!
Hanya di Sinidomino. xyz
Untuk info lebih lanjut, Hubungi :
-Pin BBM : D61E3506 (24 jam Online )
dewa poker


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search