Demam Batu Akik Menjangkit Anak Muda Garut

- September 22, 2014
Garoet Pisan - Baru-baru ini demam batu akik melanda warga Garut. Tidak hanya bapak-bapak kini kalangan muda juga ikut-ikutan terjangkit demam batu akik ini. Banyak anak muda yang mengenakan kalung liontin, gelang dan cincin berhiaskan batu akik atau yang lebih dikenal dengan Batu Ali sebagai aksesoris.

Tidak diketahui pasti kapan dan apa penyebab demam batu akik ini melanda sejumlah masyarakat Garut, namun yang jelas fenomena demam batu akik ini telah berlangsung cukup lama yaitu sekitar awal tahun 2014 namun hanya dibeberapa tampat. Kini hampir disetiap Kampung orang-orang banyak membahas soal batu akik dan memakainya. Pada sebagian orang yang terjangkit demam batu akik ini baik itu yang memang telah manyukai batu akik sejak lama maupun bagi mereka yang baru menyukai batu akik (pemula) lebih cenderung memburu bahan mentah untuk di olah sendiri menjadi hiasan atau di olah di tukang polds batu akik yang terdapat di sejumlah tempat daripada membeli batu yang sudah jadi dari para pedagang asongan maupun yang mangkal di pusat-pusat kota.

Jenis batu akik sangat bermacan-macam, namun yang banyak di gemari adalah batu lokal  yang berasal dari Bungbungalang, Caringin dan Singajaya. Harga batu akik juga sangat bervariatif mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah. Namun batu akik yang sedang ramai dipasaran yaitu kelas menengah dari puluhan sampai jutaan. Kebanyakan anak muda memilih batu akik yang harganya puluhan dan ratusan ribu dengan alasan tidak terlalu mahal.

Batu akik asal Bungbulang memang yang banyak dicari sekarang, padahal batu akik asal Bungbulang telah lama dikenal masyarakat luar, bahkan hingga ke luar negri. Aktivitas perdagangn batu akik bungbulang pun sudah berlangsung lama, akan tetapi demam batu akik dikalangan masyarakat Garut baru kali ini terjadi apalagi di kalangan anak muda.

Dahulu sangat jarang anak muda yang meggunakan batu ali. Aneh rasanya melihat anak muda mengenakan Batu ali, tapi sekarang tidak lagi. Tidak hanya memakai dampak dari demam batu akik ini masyarakat Garut jadi lebih tahu jauh tentang batu akik terutama batu lokal yaitu batu Bungbulang yang sudah terkenal. Dahulu Batu ali di dentik dengan hal-hal yang berbau mistis atau orang tua yang memakai batu ali adalah orang yang memiliki ilmu-ilmu tertentu yang biasa disebut paranormal atau dukun. Sekarang memakai batu ali adalah trend di masyarakat Garut. Jadi tertarik kah sobat untuk ikut menggunakan batu akik sebagai aksesoris tubuh?

Batu Bungbulang, Garoet Pisan Euy!



Advertisement

1 komentar:

avatar

Batu hijau garut memang banyk menarik peminat dari semu kalangan termasuk anak muda juga.


EmoticonEmoticon

Next Post This Older
 

Start typing and press Enter to search